Categories
Uncategorized

Media Belajar Online versi Gratis dan Berbayar

Dimasa pandemi sekarang ini, sekolah diliburkan demi mengurangi penyebaran virus di kalangan sekolah. Hal ini menuntut tenaga pendidik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah alias tanpa tatap muka kepada murid. Banyak hal yang telah dilakukan agar proses belajar mengajar tetap terlaksana tanpa adanya tatap muka langsung dengan siswa. Salah satu yang paling populer adalah menggunakan aplikasi meeting online.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat suatu pertemuan tanpa perlu menghadiri kelas secara fisik. Pemakaian aplikasi meeting online ini sangat mudah untuk digunakan. Mengingat pentingnya pendidikan demi mencerdaskan kehidupan bangsa, ada baiknya tenaga pendidik mulai mempelajari cara menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini banyak jenis dan developernya. Ada yang menyediakan versi gratis dan ada versi berbayar.

Versi Gratis

  • Skype : merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pertemuan maksimal 25 orang.
  • Zoom : maksimal user adalah 25 untuk versi gratis. Kelebihan zoom adalah bisa menggunakan “screen cast” yang biasa digunakan untuk menampilkan slide atau presentasi
  • GoToMeeting
  • Google Hangout
  • Join Me
  • Whatsapp
  • FaceTime
  • Slack
  • Dan masih banyak lainnya

Versi Berbayar

  • GoToMeeting
  • CyberLink U Meeting
  • BlueJeans Meeting
  • Google Meet
  • Lifesize
  • Click Meeting
  • Microsoft Teams
  • RingCentral Video

Dengan banyaknya pilihan yang diberikan, tentunya kegiatan belajar mengajar dari rumah bukan menjadi kendala lagi bagi dunia pendidikan saat ini. Tinggal bagaimana cara tenaga pendidik dan siswa untuk mulai mempelajari dan memakai aplikasi ini secara langsung agar lebih cepat dalam memahami kelebihan dan kelemahan masing – masing aplikasi.

Categories
Artikel Laptop

Beli Laptop, Pilih Sesuai Spesifikasi

Tidak dipungkiri lagi, Laptop menjadi sesuatu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini. Apalagi di waktu pandemi seperti sekarang, kebutuhan laptop pun meningkat untuk menunjang aktifitas sehari – hari dari rumah melalui video meeting.

Hampir semua produsen laptop memberikan kelebihan dan kekurangannya masing – masing, inilah salah satu alasan kenapa konsumen jadi kebingungan untuk memilih laptop yang sesuai dengan keinginannya. Misalnya laptop merk A, dengan laptop merk B memiliki spesifikasi yang sama. Maka pilihlah laptop dengan harga yang lebih murah.

Untuk kualitas dan keawetan suatu barang (laptop), pemilik toko tidak akan bisa memberikan jawaban yang pasti, apalagi toko yang bukan distributor suatu produk laptop merk tertentu. Hampir semua laptop merk dari produk apapun sudah mempunyai Quality Control dari pabrikannya, sehingga kemanan dan keawetan barang dapat dipertanggung jawabkan dengan memberikan garansi resmi dari produsen Laptop. Berikutnya adalah bagaimana cara konsumen dalam memakai barang tersebut berimbas kepada awet atau tidaknya suatu barang.

Sebagai konsumen tentu kita ingin mendapatkan harga yang murah dengan spesifikasi yang tinggi. Teori ini sedikit susah untuk diterapkan di laptop. Umumnya harga laptop yang tinggi bisa dipastikan memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada harga laptop yang murah. Mulai dari proses pembuatan laptop sampai proses pengiriman barang sampai ke distributor.

Lalu, bagaimana langkah kita sebagai konsumen dalam memilih laptop yang benar – benar tepat sehingga tidak membuang – buang uang dan biaya? Pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah sekali. Pilihlah laptop dengan spesifikasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Misalnya anda menginginkan laptop untuk keperluan kantor, untuk mengetik dan print laporan kantoran maka pilihlah laptop dengan sepesifikasi standar. Harganya termasuk yang paling murah diantara jenis – jenis laptop lainnya.

Jika laptop untuk kebutuhan desain standar dan enteraiment seperti vlog ataupun youtuber. Pilihlah laptop dengan kartu grafis (VGA) yang lebih tinggi dari standar, misalnya merk AMD atau ATI.

Jika butuh laptop untuk gaming dan desain profesional ataupun anda seorang programmer, pilihlah laptop dengan spesifikasi RAM yang tinggi dan VGA yang tinggi. Karena untuk kebutuhan ini, laptop akan membutuhkan resource yang banyak, sehingga butuh laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

Jangan sampai terjebak dengan merk dan bentuk dari laptop. Pilihlah spesifikasi sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda kesulitan untuk menentukan pilihan laptop anda, silahkan hubungi kami di sini.

Categories
Artikel Komputer Laptop Uncategorized

Jenis dan Macam Port Pada Laptop

Port Pada Laptop

Port pada laptop biasanya berfungsi untuk menghubungkan antara laptop dengan perangkat eksternal seperti HDD Eksternal, printer, monitor, Flash Disk, dll. Perbedaan macam port ini dipengaruhi oleh fungsi dan kegunaan masing – masing port.

  1. Port VGA
    Merupakan port yang digunakan untuk menyambungkan laptop ke monitor eksternal. Port ini terdiri dari 15 lubang dan biasanya berwarna biru.
  2. Port HDMI
    Merupakan singkatan dari High Definition Multimedia Interface,merupakan pengembangan dari port VGA. Fungsi dari port ini sama dengan port VGA yaitu untuk menyambungkan laptop dengan monitor.
  3. Port USB
    port usbPort ini umum pada laptop dan tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan port ini. Fungsinya untuk menyambungkan perangkat eksternal dengan koneksi USB ke Laptop. Biasanya digunakan untuk Flash Disk, HDD Eksternal, Keyboard, Mouse, dll.
  4. Port Audio
    port audioSesuai dengan namanya, port audio ini digunakan untuk mentransmisikan sinyal audio ke perangkat audio yang ada diluar laptop seperti speaker dan headset.

Itulah beberapa port laptop yang saat ini kita jumpai pada laptop kebanyakan di pasaran. Jika ada kendala yang terjadi pada perangkat anda, jangan ragu untuk konsultasikan kepada kami di website kami : https://toekangcs.com

Categories
Artikel Komputer Laptop

Apa Itu Komputer

laptop

Saat ini, komputer merupakan salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari – hari, mulai dari mengetik, desain grafis, ataupun pembuatan sebuah aplikasi yang membutuhkan akurasi dan kecepatan tinggi .Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data.

2 hal yang ada pada komputer

Sebelum mengetahui komponen komputer, kita perlu tahu bahwa komputer bekerja berdasarkan perangkat lunak dan perangkat keras :

  1. Perangkat keras (Hardware)
    Perangkat keras mempunyai bentuk fisik yang dapat dilihat dan dipegang. Perangkat keras tidak dapat bekerja tanpa adanya perangkat lunak. Seperti halnya RAM, HDD, dan Processor merupakan salah satu contoh perangkat keras.
  2. Perangkat lunak (Software)
    Perangkat lunak merupakan sebuah aplikasi atau program yang terdiri dari beberapa perintah yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras. Contoh perangkat lunak, OS WINDOWS, Driver Printer, dll.

Perangkat Keras Minimal Penyusun Komputer atau Laptop :

  1. Power Supply
    Sebagai nyawa dari komponen elektronik. Apapun perangkat elektronik yang ada dirumah, pasti memiliki power supply. Bentuk power supply ini berbeda – beda tergantung dari kebutuhan. Perangkat ini fungsinya untuk memberikan asupan listrik sesuai dengan kebutuhan perangkat komputer.
  2. Motherboard
    Merupakan perangkat keras yang ada didalam CPU, dimana motherboard ini merupakan tempat melekatnya perangkat keras yang lain seperti Processor, RAM, dan HDD
  3. RAM (Random Access Memory)
    Merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data secara instan. Apabila suply daya dimatikan, otomatis data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.
  4. HDD (Hard Disk Drive)/SSD (Solid State Drive)
    Merupakan komponen untuk menyimpan data. Berbeda dengan RAM yang apabila suply daya dimatikan akan kehilangan data, pada HDD data tersebut akan tetap tersimpan dan dapat diakses kembali
  5. Processor
    Merupakan otak dari Komputer itu sendiri. Fungsi utamanya adalah untuk mengolah data dan perintah yang diberikan oleh si pemakai komputer. Tanpa processor, komputer tidak bisa melaksanakan perintah apapun.
  6. Keyboard dan Mouse
    Perangkat yang dinamakan I/O (input/output), bertujuan untuk memberikan perintah dari luar atau lebih mudahnya digunakan untuk menjalankan komputer sesuai dengan keinginan pemakai.
  7. Monitor
    Perangkat yang digunakan untuk menampilkan data hasil olahan dari komputer.

Categories
Artikel Printer

Tipe Tinta Printer

Tinta Printer

Printer yang digunakan untuk mencetak dokumen ataupun gambar tentunya memiliki tinta agar dokumen tersebut dapat dicetak di media yang kita inginkan. Banyaknya tipe dan jenis printer membuat kita sebagai konsumen kadang merasa kebingunan menentukan jenis dan tipe tinta printer yang dipakai.

Jenis Tinta Printer

Secara garis besar, tipe tinta printer terdiri dari :

  • Tinta Dye

Yaitu tinta yang menggunakan tinta cair. Tinta ini biasa dipakai pada printer pada umumnya, kelebihan dari tinta ini adalah murah dan warnanya cerah. Pada cartridge juga lebih bersahabat dan juga tidak berbahaya karena bahan dasarnya adalah air.

  • Tinta Minyak (oil based)

Merupakan tinta yang berbahan dasar minyak. Banyak yang mengklaim bahwa tinta jenis ini membuat cartridge menjadi lebih awet. Penggunaan tinta jenis ini cenderung lebih rumit dalam perawatan printer karena dianjurkan untuk melakukan kegiatan print out minimal 1 kali dalam sehari. Hal ini membuat tinta jenis ini tidak dianjurkan untuk di pakai pada printer rumahan yang hanya menggunakan printer sesekali saja. Karena bahan dasarnya berupa minyak, tinta ini lebih tahan terhadap air dan tidak luntur. Jika dibandingkan dengan tinta dye, tinta ini cenderung agak lebih buram. Umumnya tinta jenis ini biasa dipakai oleh percetakan. Jenis dan macam dari tinta ini juga banyak seperti tinta sublim, solvent (tinta untuk digital printing), tinta pigment.

  • Tinta Garmen

TInta ini dipakai untuk di bahan textile atau kain. Umumnya dipakai oleh pebisnis sablon kaos dengan menggunakan printer DTG. 

  • Tinta Serbuk

Jenis tinta ini adalah berupa serbuk yang dilelehkan dalam drum printer. Tinta ini biasanya dipakai pada printer laser dan mesin fotocopy. Kelebihan tinta ini adalah, proses cetak yang cepat dan murah untuk skala besar. 
Manakah printer anda?

Categories
Artikel Komputer Laptop

Antivirus, Sang Penyelamat Sekaligus Penghambat

ANTI VIRUS

Siapa yang tidak tahu antivirus, saat ini banyak sekali produsen antivirus baik buatan lokal maupun interlokal. Kebanyakan orang akan menginstall antivirus untuk mencegah menyusupnya program jahat ke dalam komputer mereka. Tapi tahukah anda, terlalu banyak antivirus akan menyebabkan komputer anda lemot dan lag, kenapa bisa terjadi? Berikut penjelasan singkatnya.
Anti Virus bekerja secara realtime yang artinya antivirus akan bekerja terus-menerus untuk mendeteksi adanya program dan applikasi yang tidak dikenal sebelumnya. Apa yang menyebabkan komputer menjadi lambat dan lemot. Biasanya hal ini terjadi pada PC dan komputer dengan RAM yang kecil.Adanya antivirus menyebabkan pemakaian RAM menjadi lebih banyak dan akan menyebabkan turunnya performa dari biasanya. Lihat dan kenali dulu antivirus anda, apakah compatible dengan windows anda atau tidak. Biasanya pada windows sekarang ini sudah ada windows defender yang membantu agar komputer tidak terjangkit virus. Apabila ditambah dengan program antivirus lainnya, maka RAM akan semakin banyak terpakai.
Lalu bagaimana caranya agar antivirus tersebut dapat bekerja lebih ringan?Caranya dengan mengatur settingan agar antivirus tersebut tidak bekerja real time, atau mematikan fasilitas scanning windows defender.Menurut saya, pemakaian antivirus cukup 1 saja tidak perlu berlebihan. Cukup update antivirus anda secara berkala akan lebih mengoptimalkan kinerja antivirus tersebut. Jika anda memiliki PC dengan RAM yang besar, antivirus tidak akan terlalu berpengaruh. Hal ini sudah saya buktikan sendiri.
Intinya adalah, pastikan anda hanya menggunakan satu antivirus dan selalu update, jangan memasang antivirus terlalu banyak karena akan memberatkan kinerja RAM dan MEMORY PC anda.

Categories
Artikel Komputer Uncategorized

Pengertian Debug dan Penjelasannya

Bug merupakan bahasa yang Inggrisyang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia yang berarti serangga. Dimana istilah ini dipakai apabila ada kesalahan dalam aplikasi yang kita pakai yang menyebabkan aplikasi tidak berjalan sebagaimana semestinya. Istilah Bug ini lebih sering dipakai dalam software bukan hardware.

Debugging

Debugging merupakan metode yang dilakukan developer atau pemrogram aplikasi dalam mencari dan mengurangi kesalahan dalam suatu aplikasi. Melakukan kegiatan debugging akan menjadi lebih rumit apabila aplikasi yang dikembangkan tersebut memiliki keterkaitan antara hardware dan software yang banyak.
Debugging bukan merupakan suatu pengujian, akan tetapi merupakan bagian akibat proses pengujian. Prosesnya dimulai dengan eksekusi awal dari aplikasi kemudian dinilai hasil dan pencapaian terhadap aplikasi tersebut dan ditemukanlah kekurangan antara target dan hasil akhir aplikasi. Hasil akhir dari proses ini biasanya hanya memiliki salah satu dari dua tujuan debugging itu sendiri yaitu :

  1. Penyebab akan ditemukan, dikoreksi dan dihilangkan
  2. Penyebab tidak ditemukan

Metode Pendekatan Debugging

Secara umum, metode pendekatan debugging yaitu :

  • Gaya Kasar (Brutal Force)

Gaya ini merupakan yang paling umum dan efisien untuk memisahkan antara penyebab kesalahan perangkat dengan aplikasi. Metode ini diterapkan apabila semua cara yang lain telah gagal dilakukan.

  • Penelusuran Balik (Backtracking)

Biasanya dilakukan pada aplikasi kecil yang sangat mudah untuk dilacak kesalahannya.  Data yang berhubungan dengan aplikasi lebih mudah untuk dilacak dan dicari kesalahannya karena aplikasi kecil biasanya tidak membutuhkan source hardware yang banyak.

  • Eliminasi Masalah 

Mengumpulkan data yang saling berkaitan diperlukan untuk mencari dimana letak kesalahan dari aplikasi yang dibuat. Membuat hipotesis dari data yang berhasil dikumpulkan. Selanjtnya melakukan pengujian berdasarkan hasil dari hipotesis yang telah dibuat. Jika hasil pengujian berhasil, maka data itu difilter dan dimasukkan sebagai salah satu metode dalam mengisolasi bug.
Masing – masing dari pendekatan debugging tersebut dapat ditambah dengan piranti debugging. Kita dapat mengaplikasikan berbagai compiler debugging yang luas, dinamis (tracer), generator test case, ruang sisa memory. 

Categories
Artikel Printer

Kenali Kerusakan Printer Cannon IP2770, Service Printermu Sendiri

Canon IP 2770

Merupakan salah satu perangkat keras yang banyak dimiliki oleh pemakai komputer. Printer digunakan untuk mencetak hasil ketikan ataupun gambar yang telah dibuat dengan komputer. Dengan memiliki printer sendiri, tentunya hasil karya yang kita buat akan bisa kita cetak secara langsung.
Masalah sering timbul ketika printer yang kita gunakan mengalami gangguan, baik itu gangguan kecil, ataupun gangguan berat sekalipun.
Canon IP2770 merupakan salah satu seri dari printer produsen Canon yang laris manis di pasaran. Walaupun printer seri ini sudah lama di rilis, tapi sampai saat ini masih menjadi primadona di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Harga yang murah dan maintenance yang gampang membuat printer ini menjadi salah satu printer murah yang terbaik saat ini.
Beberapa kendala yang dialami pada printer ini sebenarnya dapat kita perbaiki sendiri dengan peralatan yang tidak rumit. Beberapa masalah yang sering muncul dari printer ini ditandai dengan berkedipnya lampu orange pada printer, untuk beberapa kendala yang sering muncul dan penanganannya adalah sebagai berikut :

  1. 3x orange dan 1x hijau : Biasanya terjadi ketika ada benda asing yang masuk ke dalam printer, khusunya pada bagian roller printer. Untuk memperbaiki kerusakan ini biasanya printer harus dibongkar. Untuk membongkar printer ini diharapkan kalau sudah lewat masa garansi, kalau masih ada garansi alangkah baiknya dibawa saja ke service resmi canon.
  2. 4x orange dan 1x hijau : Status ini dinamakan “Waste Ink Full” yang artinya bak tinta pembuangan sudah penuh. Untuk mengatasi ini, silahkan reset printer dengan software resetter. Untuk software banyak di google, tinggal download.
  3. 5x Blink Orange 1x Hijau : Cartridge Hitam atau Warna yang rusak , untuk penanggulangan pertama coba cartridge di bersihkan dulu dengan tisu (mungkin ada cartride yang kotor karena tinta). Kalau masih tidak bisa silahkan diganti dengan cartridge cadangan.
  4. 7x Blink Orange 1x hijau : Cartridge yang Warna Rusak/ mati. Caranya hanya dengan mangganti cartridge dengan yang baru. Kalau printer memakai infus tanpa tanki pembuangan, bersihkan busa pembuangan didalam printer dan printer di reset dengan software resetter.
  5. 8x Blink Orange 1x Hijau: “Waste ink tank full”, perbaikannya dengan reset printer menggunakan software resetter.
  6. 13x / 16x blink Orange 1x hijau: Cartidge tidak terpasang dengan baik. Perbaiki pemasangan cartridge dengan membuka cartridge dan pasang kembali.
  7. 14x / 15x Blink Orange 1x Hijau : Cartridge Hitam Rusak / mati , Solusinya Ganti Cartridge Hitam dengan yang baru.

Demikian beberapa masalah printer yang sering terjadi. Kasus yang sering saya alami dan saya perbaiki sendiri tanpa perlu membawa ke tukang service. Apabila anda mengalami kejadian seperti yang saya alami, silahkan diperbaiki sendiri dulu, kalau tidak bisa silahkan hubungi mekanik terdekat di daerah anda.

Categories
Artikel Komputer Laptop

Ciri dan Penyebab Hardisk Bad Sector

Bad Sector, Pengertian dan Ciri-cirinya

Bad Sector merupakan salah satu masalah yang terjadi pada media penyimpanan, seperti kita ketahui bahwa HDD memiliki sector – sector untuk menyimpan data sehingga apabila salah satu sector saja mengalami gangguan, maka akan mengakibatkan terjadinya penurunan performa dari HDD bahkan komputer kita.Pernahkah suatu ketika komputer anda mengalami bad sector, ditandai dengan peringatan di awal booting PC dilanjutkan dengan ciri – ciri sebagai berikut :

  • Kecepatan akses data terutama windows explorer menjadi lebih lambat dari biasanya bahkan windows explorer bisa menjadi hang.
  • Sering hang atau not responding secara mendadak dan tiba – tiba.
  • Ada beberapa file di dalam HDD yang hilang secara tiba – tiba.
  • Banyak data tidak dapat diakses dan corrupt.
  • System OS Gagal Booting.
  • Sering terjadi BSOD (Blue Screen Off Death).
  • Selalu gagal apabila menformat HDD
  • Loading lama ketika POST Screen, bahkan dalam kondisi lebih parah HDD anda tidak terdeteksi sama sekali.

Ciri – ciri diatas tidak selalu harus muncul bersamaan, akan tetapi walau hanya salah satu kejadian yang muncul maka kita bisa mencurigai awal kesalahan ada pada HDD yang mulai bad sector. Kondisi bad Sector ini pun juga dibagi menjadi 2 bagian yaitu bad sector berat dan bad Sector ringan.

HDD merupakan komponen yang sangat penting

Kenapa HDD sebaiknya harus dijaga dengan baik? HDD merupakan salah satu media penyimpanan, tentunya kita bisa menyimpan file dan data di HDD PC. Apabila HDD tersebut rusak, kemungkinan file – file yang kita simpan di HDD tersebut akan ikut rusak dan bahkan tidak dapat di backup. Apabila data – data yang kita simpan tidak banyak dan tidak penting tentunya itu tidak akan menimbulkan masalah berarti, tapi bagaimana kalau diperusahaan – perusahaan yang menyimpan semua data perusahaan dan jual beli di dalam HDD yang rusak? tentunya ini akan menjadi masalah besar. Dan juga kita sering menyimpan foto – foto kenangan didalam HDD, dan apabila rusak tentunya kita tidak akan bisa mengembalikan kenangan – kenangan yang ada di foto tersebut.Bisa dikatakan bahwa yang paling berharga di dalam hardisk itu adalah datanya, bukan fisik dari HDD itu sendiri. HDD itu bisa diganti dan dipasang lagi, lalu bagaimana dengan datanya?

Memeriksa dan Memperbaiki Bad Sector

Apabila salah satu tanda diatas muncul, alangkah baiknya kita mencek dulu apakah HDD kita baik – baik saja atau sudah terkena bad sector. Berikut cara mudah untuk mencek kondisi HDD.

  • Buka windows eksplorer (windows + e)
  • Selanjutnya pada partisi HDD klik kanan dan pilih Properties.
  • Klik Tab Tool dan pilih “Check Now”
  • Selanjutnya pilih klik start

Proses check disk ini akan memakan waktu yang lama dan menggunakan memory yang cukup besar, sehingga disarankan untuk tidak menggunakan kegiatan lain secara bersamaan.Apabila proses start tidak berjalan , maka bisa dicurigai bahwa HDD tersebut bermasalah.

Penyebab Bad Sector

Setelah mengetahui ciri dan cara mencek kerusakan HDD diatas, maka kita juga perlu untuk mengetahui penyebab terjadinya bad sector. Beberapa penyebab terjadinya bad sector adalah :

  • Supply daya yang tidak stabil
  • Sering mematikan komputer dengan paksa (atau tidak menggunakan fasilitas shutdown yang telah disediakan oleh windows)
  • HDD terlalu panas akibat pemakaian yang terlalu lama
  • HDD yang mulai aus dan sudah harus diganti
  • Komputer tejangkit virus yang mengakibatkan pemakaian HDD menjadi lebih berat.

Setelah mengetahui penyebab bad sector tentunya kita hendaknya lebih berhati – hati dalam pemakaian komputer kita agar tidak mempengaruhi kinerja HDD tentunya.

Categories
Artikel Uncategorized

Android tidak bisa koneksi wifi

Wifi Connect
wireless

Wifi Connect
IndiHome merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Telkom. Sebenarnya IndiHome ini sama saja dengan Speedy, hal ini terjadi karena perubahan nama saja dari layanan Speedy yang hanya melayani paket data (internet) dan telephone ke IndiHome yang memberikan layanan paket data, TV, dan telepon.
WIFI Tidak Bisa Connect
Seringkali terjadi bahwa pada suatu gadget misalnya HP atau laptop kita sering tidak bisa connect pada jaringan wifi secara tiba – tiba. Setelah dicoba menggunakan HP yang lain, WIFI bisa connect dengan lancar. Apabila hal ini terjadi pada anda, ini dikarenakan mungkin perangkat anda tidak support bandwith 40MHz. Cobalah untuk mengubah settingan di Modem WIFI anda dengan cara sebagai berikut :

  1. Login ke modem anda (Saya menggunakan modem ZTE 609).
  2. Pada menu Network > WLAN > Basic, kemudian rubah settingan Band Width ke 20 Mhz
  1. Klik Save dan restart modem.

Setelah itu silahkan coba koneksikan WIFI anda dengan HP yang bermasalah tadi, seharusnya bisa terkoneksi kembali.